3 Tahapan Membangun Bisnis

#NgopiPagiBOS #‎MonggoDibaca‬ ‪#‎BolehDishare‬

Bulan ini Tak terasa 10 tahun sudah usia bisnis yang saya rintis di tahun 2006, saat itu saya ingat betul bisnis ini terlahir di sebuah warung di sekitaran Universitas brawijaya, waktu itu kami belum punya kantor, modal juga gak ada, sangat minim sekali sarana yang kami miliki untuk disebut sebagai sebuah bisnis. Tapi kami memiliki Impian yang besar untuk menjadi perusahaan dengan market nasional. saya memberi nama usaha ini ISI (Inspirasi Sukses Indonesia) dengan harapan suatu saat kelak bisa menginspirasi generasi muda untuk Sukses dan membangun Indonesia. kami berfokus pada pengembangan Leadership (ISI Leadership Center) dan Entrepreneurship (ISI Way University yang kemudian sempat berganti nama menjadi Mark-C dan berganti lagi menjadi BOS – Business Owner School hingga hari ini).

Setelah saya resign dari kantor tempat saya bekerja di tahun 2006 saya memutuskan untuk memulai bisnis sendiri, meskipun berat dan serba terbatas tapi saya menikmati prosesnya. Hingga hari ini setelah 10 Tahun saya merasa sangat bersyukur atas rahmat Allah karena banyak sekali nikmat dan pencapaian selama ini. Alhamdulillah kini Grup Usaha Pelatihan ini sudah ada di 18 kota di Indonesia bekerja sama dengan banyak stakeholder dan dipercaya banyak instansi untuk mengisi In House Training, workshop dan pelatihan-pelatihan pengembangan SDM dan Entrepreneurship.
Dari perjalanan dari nol hingga saat ini saya membagi menjadi 3 Tahapan membangun Bisnis ini hingga sampai 1 Dasa Warsa.
1. Tahap Memulai
2. Tahap Mencari Jatidiri
3. Tahap Totalitas

Tahap Memulai, di awal-awal memulai usaha ini tentu berdarah-darah. Seperti belajar jalan tentu jatuh bangun. Tapi alhamdulillah kami menikmati proses ini. Saya ingat betul waktu itu sering kali mengisi pelatihan hanya di bayar dengan Nasi Kotak, bahkan pernah hanya amplop kosong. Tapi saya menikmati proses ini, dan tidak pernah mempermasalahkan berapapun bayarannya. Semua idealisme untuk bisa sempurna sementara saya tinggal dulu, yang penting usaha ini bisa menghasilkan dan halal. Banyak teman yang mencibir, keluar dari kantor malah usaha serabutan yang gak tentu hasilnya, buat seminar juga cuma 10 ribuan (hehehe) kapan mau suksesnya. Tapi cibiran ini bukan menjadi pematah semangat justru waktu itu sangat terpacu untuk membuktikan bahwa apa yang kami kerjakan ini bisa besar. Jadi Trimakasih teman2 yang dulu pernah mencibir, menghina dan mengecilkan kami, jasamu sangat besar bagi saya. Hingga alhamdulillah di tahun 2008 an nama lembaga ISI sudah sangat di kenal di Kampus-kampus Malang raya.

Tahap kedua, Mencari jati diri. Setelah tumbuh dan mulai menghasilkan masuklah saya pada fase galau. Bayak teman dan sahabat yang bilang bahwa Pelatihan ini bukan bisnis, kamu gak bisa jadi macan panggung berbicara tentang entreprenurship tapi kamu sendiri gak punya bisnis. Meskipun saat itu saya merasa apa bisnis Pelatihan ini bukan sebuah bisnis ? Mulailah terbesit untuk membuat bisnis lain, mulailah sering merasa rumput tetangga lebih hijau dan terpikir untuk selingkuh bisnis (hehehe). Akhirnya terjunlah saya ke bisnis kuliner bersama mantan pacar saya waktu itu (sekarang sudah jadi istri ) bermula dari hobinya kulineran dan sesuatu yang unik jadilah usaha kuliner yang bernama Kedai Dapur Unick. Dari sini mulai terbagi waktu tenaga dan pikiran ke bisnis baru dan usaha yang lama. Karena ingin membuktikan bahwa kami juga bisa berbisnis akhirnya waktu lebih banyak tercurah ke usaha kuliner, dan Usaha pelatihan ini lebih banyak di kelola oleh team saya. Singkat cerita 5 tahun lebih saya mensupport Istri membangun usahanya, dari Dapur Unick, hingga bermetamorfsa menjadi Batagor Jepang. Hingga di tahun 2014 saya sampai pada satu titik bertanya pada diri saya sendiri, Apakah kuliner ini Passion saya!!!!! Kenapa prosesnya tidak senikmat saya membangun usaha pelatihan dulu. Di sinilah saya mulai mencari lagi jati diri bisnis saya apa? Jadi bagi anda yang hari ini mulai galau, tanyakan apakah ini Passion anda? Bagaimana jika bukan, akan saya jawab di Buku saya yang In sya Allah akan terbit setelah lebaran nanti.

Tahap ketiga, tahap totalitas. Setelah saya gali lagi passion saya, ternyata memang panggilan hidup saya adalah untuk Sharing. Bahkan selama 5 tahun saya membantu istri membangun usaha kulinernya, saya tetap tidak bisa meninggalkan kegiatan mengisi pelatihan, training dan workshop di berbagai kota. Dari sini lah saya memutuskan membangun kembali usaha pelatihan saya secara profesional di tahun 2014 dan bekerja sama dengan banyak pihak, belajar lagi banyak ilmu dan alhamdulillah saya Bahagia. Seperti menemukan bagian yang hilang dari hidup saya, dan kini saya totalitas di Bisnis Pelatihan ini. Gak perduli orang akan mencibir lagi jika saya dicap hanya sebagai macan pangung. Paling tidak saya bisa hidup 100% sekarang, menikmati dan mencintai apa yang saya kerjakan, berusaha bermanfaat bagi banyak orang dan saya menjadikan ini bagian dari jalan mencari ridho Allah. Dan alhamdulillah di 2 tahun terakhir ini Usaha pelatihan yang berkembang menjadi Sinergi Grup yang didalamnya beberapa Brand kami kembangkan seperti BOS,WU, PeDe School, ISI Lc, dan Sinergi Coach berkembang dengan pesat dan Marketnya sudah Nasional dengan cabang di 18 Kota Besar di Indonesia. Jadi temukanlah Jati dirimu, jati Diri Bisnismu, dan Totalitaslah, karena apapun yang kita lakukan orang akan tetap ada yang memandang miring, selama kita niatkan lurus untuk ibadah, bermanfaat bagi umat dan tidak melanggar syariat dan Undang undang maka lakukanlah.

Salam Sukses Berkah
Salam Bermanfaat

Coach Ridwan Abadi
www.ridwanaadi.com I www.kampusbos.com

3 Responses so far.

  1. Fajar kurniawan says:

    Coach saya jehilangan kontak dgn sbc dll krn hp ssya hilang, mohon infonya acara yg d malang tgl 17 sept 2016 semua data dan alamat hotelnya hilang coach beserta hpnya,ini no saya yg baru coach 087854127609

  2. Fajar kurniawan says:

    Coach saya kehilangan kontak dgn sbc dll krn hp saya hilang, mohon infonya acara yg d malang tgl 17 sept 2016 semua data dan alamat hotelnya hilang coach beserta hpnya,ini no saya yg baru coach 087854127609

  3. Samsudin says:

    assalamu alaikum Mas Ridwan… Amazing dan menginspirasi serta memotivasi ..saya.

    apalagi setelah saya mengikuti seminar setengah hari di solo kemarin

    terima kasih dan semoga Mas Ridwan diberikan keberkahan

    salam semangat
    samsudin – 085310182429

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>